Berita

Kamis, 15 Agustus 2019 / Berita
Idul qurban bukan hanya soal tentang shalat id dan daging qurban. Namun, dibalik itu semua ada pesan moral yang mengajarkan tentang keimanan hingga kepedulian dengan sesama. Kisah nabi Ibrahim dan Ismail yang sudah populer ditelinga kita tentu mengajarkan tentang keimanan dan ketaqwaan atas pesan Tuhan. Ketulusan hati Ismail adalah cermin sebuah kesalihan seorang anak yang tawadhu’ pada orang tuanya. Sampai pada akhirnya, kisah domba yang menggantikan Ismail menjadi sebuah sejarah panjang dari makna ibadah qurban. Tidak hanya itu, makna daging qurban telah mengajarkan tentang kesyukuran dan kepedulian diantara kita semuanya. Demikian kata Wasiun selaku kepala SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dihadapan ratusan siswa sebelum penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di halaman sekolah, Senin (12/08/19).
 
Menurutnya, keterlibatan para siswa dalam kegiatan hari raya Idul Qurban adalah pengalaman berharga yang ia dapat ambil hikmahnya dan belajar secara nyata tata cara berqurban. Meskipun hanya belajar berqurban, namun para siswa antusias dalam kegiatan tersebut. Mereka diajak untuk mengikuti proses mulai dari penyembelihan hingga sampai pembagian daging qurban. 
salah satu siswa menyerahkan secara simbolis
 
Lebih lanjut, Wasiun menjelaskan bahwa tahun ini ada 1 sapi hasil iuran siswa sebagai bentuk belajar qurban senilai Rp. 50.000,/ siswa dan 12 kambing atas amanah para orang tua siswa yang dititipkan di sekolah. Daging tersebut dibungkus menggunakan besek menjadi 250 paket yang dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah sebagai bentuk kepedulian dan bina lingkungan. Selain itu, wasiun menambahkan bahwa sebagian dibagikan kepada tukang abang becak menggunakan kupon.
“Alhamdulilah, tahun ini kegiatan qurban ada peningkatan. Tahun lalu hanya 12 kambing yang kita tasyarufkan di Kajoran. Namun, tahun ini ada 1 sapi dan 12 kambing. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para wali murid yang telah mempercayakan hewan qurbannya melalui SMP Mutual sebagai bentuk syiar dakwah dan edukasi kepada para siswa”, ucapnya.
Kepala SMP Mutual menyerahkan secara simbolis ke abang becak
Dalam serangkaian acara tersebut, siswa juga diberikan kegiatan motivasi yang disampaikan oleh Ust. Luqman Novianto sebagai bentuk penguatan spiritual siswa. Disela-sela waktu, para siswa juga dihibur dengan musik akustik oleh penampilan salah satu guru dan penampilan para siswa seperti pembacaan puisi dan penampilan biola dari siswa. Kegiatan tersebut dipungkasi dengan makan bersama olahan daging qurban yang sudah disiapkan oleh panitia.

    Kirim Komentar

    SMP MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF

    Jl. Singosari No. 85 Kota Magelang
    smpmutualmgl@gmail.com
    +62 - 293 - 364753