Berita

Kamis, 15 Agustus 2019 / Berita
Shalat Idul Adha merupakan sebuah kegiatan rutinan setiap tahunnya. Bagi umat Islam, Idul Adha adalah momentum yang berharga sebagai salah satu hari besar umat Islam. Oleh karena itu, tidak heran jika semua uamt Islam menyambutnya dengan suka cita. SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang menyadari bahwa meskipun menjadi kegiatan rutinan, namun bisa jadi para siswa kurang mendapat edukasi secara nyata sehingga aktifitas tersebut hanya menjadi kegiatan tahunan. Hal ini menjadi alasan SMP Mutual Kota magelang menghimbau kepada seluruh siswa untuk mengikuti shalat Idul Adha di halaman sekolah agar mendapatkan edukasi dan pengalaman belajar secara nyata.
 
Wasiun selaku kepala sekolah mengatakan bahwa para siswa diminta untuk shalat Idul Adha 1440 H disekolah. Diharapkan, dengan mengikuti kegiatan shalat Id di sekolah para siswa mendapat pengalaman dan edukasi secara nyata. Anak-anak diajari bagaimana tata cara shalat Id, belajar mengumandangkan takbir, sampai diberi tugas membagi teks khutbah shalat Id.
“Sengaja kami minta para siswa sekedar mengikuti shalat id disekolah, meskipun kegiatan belajar penyembelihan hewan qurban masih besok, namun kegiatan shalat id disekolah mampu memberi edukasi nyata yang memberikan pengalaman langsung dalam dirinya. Contohnya yang tidak pernah ikut mengumandangkan takbir saat shalat id, kita perankan mereka untuk menjadi petugas. Ada pula yang diberi tugas menyambut jamaah dan membantu aktifitas lainnya”, ucapnya.
Dalam pungkasnya, wasiun menambahkan bahwa selain untuk memberikan edukasi, kegiatan tersebut juga menjadi syiar dakwah sekolah serta Islam pada umumnya. Tambahnya juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan unsur sekolah, namun juga dengan warga sekitar karena halaman sekolah sudah biasa dibuat shalat Id setiap tahunnya.

    Kirim Komentar

    SMP MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF

    Jl. Singosari No. 85 Kota Magelang
    smpmutualmgl@gmail.com
    +62 - 293 - 364753