Berita

Idul Adha di SMP Mutual Mengingatkan Spirit Kyai Dahlan

Kamis, 14 Juli 2022 / Berita

Dalam menyemarakkan peringatan hari raya Idul Adha 1443 H, SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang membagikan 400 paket daging sapi dari hewan qurban yang disembelih. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMP Mutual dengan menyembelih 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Senin (11/07). 

Dijelaskan oleh ketua panitia, Ahmad Haryanto bahwa hewan qurban tersebut hasil amanah shohibul qurban dan juga patungan qurban sebagai sarana pembelajaran siswa. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan virtual karena para siswa masih dirumah. Nantinya mereka dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini", ujarnya.

Diruang kerjanya, Wasi'un yang juga sebagai kepala sekolah menyampaikan bahwa daging qurban ini dibagikan sebagai bagian dari implementasi spirit Kyai Dahlan yaitu ada untuk bermakna. Spirit Al Ma'mun yang menjadi dasar perjuangan Muhammdiyah menjadi bagian dari nilai-nilai gerakan SMP Mutual sebagai bagian dari persyarikatan.

"Kita bagikan kepada masyarakat disekitar SMP Mutua. Khususnya adalah warga terdekat. Ini kita lakukan saat bulan ramadhan juga. Jangan sampai yang terdekat dengan kita justru terlupakan", imbuhnya. 

Selain itu, Wasi'un juga menambahkan bahwa beberapa daging qurban dibagikan kepada masyarakat dilingkungan sekitar guru karyawan SMP Mutual sebagai bagian dari syiar dakwah Islam pada umumnya dan persyarikatan Muhammadiyah pada khususnya.

"Dan yang perlu diingat, qurban itu dagingnya tidak hanya untuk orang miskin. Orang kaya juga boleh. Maka inilah spirit kyai Dahlan mengajarkan kepada kader-kader Muhammadiyah, selalu hadir dalam manfaat", tegasnya.

    Kirim Komentar