Berita

Wujud Filantropi Muhammadiyah, IPM SMP Mutual Kumpulkan Dana Peduli Cianjur Senilai Rp. 17.646.500,-

Selasa, 13 Desember 2022 / Berita

Ratusan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang berbaris mengantri. Bukan untuk antri kupon, mereka tersentuh hatinya untuk ikut mengumpulkan dana Peduli Bencana Gempa Cianjur. Bukan hanya sekedar do'a, namun donasi nyata sebagai bukti empati terhadap saudaranya yang tertimpa musibah.

Penggalangan ini diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting SMP Mutual Kota Magelang. Setelah apel pagi, mereka satu persatu memasukkan donasi melalui kardus yang sudah disiapkan oleh IPM. 

"Diawali oleh bapak ibu guru, para siswa mengukuti dan berurutan memasukkan donasi kedalam kardus yang sudah kami siapkan", ujar Abiyaksa selaku ketua IPM SMP Mutual.

Saat ditanya, mengapa IPM turut menggalang dana bencana? Menurutnya ini adalah bentuk kepedulian. Sudah seharusnya, sesama muslim harus saling membantu. 

"Ini juga bentuk realisasi program IPM. Ada salahnsatu bidang yaitu sosial budaya. Dan ini menjadi pembelajaran kami dalam menggenggerakkan organisasi", ungkapnya.

Salah satu siswi boarding, Syakira yang duduk dikelas IX menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bisa berpartisipasi dalam penggalangan dana ini. Menurutnya, sedikit rizkinya dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan.

"Tetap ikut sedih juga. Hanya kalau diminta milih mending memberi dari pada yang terkena musibah. Semoga selalu sabar untuk saudaraku di Cianjur", kata siswa asal Batam.

Wasi'un, M. PdI selaku kepala  sekolah menyambut baik inisiatif dari anak-anak IPM. Ini menunjukkan sebuah organisasi yang hidup. Ada bencana, lalu respon. 

"Ini menjadi wujud filantropi Muhammadiyah. Anak-anak IPM sudah dibekali dengan pengalaman-pengalaman gerakkan Muhammadiyah. Alhamdulillah, terkumpul dana yang nantinya akan kita salurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu)", tuturnya.

Dana yang terkumpul senilai Rp. 17.464.500,- ini disalurkan melalui Lazismu Kota Magelang yang merupakan satu-satunya lembaga zakat infak shodaqoh milik persyarikatan. 

"Semoga bermanfaat dan tersalurkan dengan tetap sasaran. Kami ucapkan terimakasih juga untuk wali murid yang sudah support penuh. Termasuk wali murid boarding yang juga transfer melalui rekening sekolah", pungkas pria yang juga ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang.

    Kirim Komentar