Berita

Puluhan Siswa SMP Mutual Ikuti Tahfidz Camp Untuk Di Uji Oleh Kemenag

Sabtu, 11 Februari 2023 / Berita

Sebanyak 89 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti tahfidz camp dalam mempersiapkan uji tahfidz dari Kementrian Agama (Kemenag) Kota Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa program boarding sebagaimana kurikulum yang ada di SMP Mutual. Dimana, untuk kelas boarding mempunyai target hafalan minimal 3 juz jika lulus nantinya. Mereka mengikuti dengan khidmat selama 1 minggu dengan harapan lebih fokus dan mendapatkan hasil terbaik.

Dalam pembukaan, Wasi’un selaku kepala SMP Mutual Kota Magelang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahun ketiga. Selain itu, untuk mendapatkan legalitas dan diakui oleh public maka sekolah menggandeng kemenag untuk mendapatkan uji publik dan sertifikat.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Kepala Kantor Kemenag yang sudah memberikan MoU dalam memberikan legalitas kepada siswa-siswi kami, semoga nantinya bermanfaat. Tidak hanya serifikat namun semoga nantinya para siswa dapat istiqomah dan mampu mengamalkan”, terangnya.

Hadir pula Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang dan memberikan pesan bahwa SMP Mutual masih punya tugas panjang dalam mengembangkan programnya. Dirinya juga mengapresiasi atas capaian percepatan Mutual dengan programnya, namun jangan lupa inovasi-inovasi yang mampu mengupgrade perjalanan kemajuan sekolah.

“Ini merupakan program yang bagus, semoga nantinya tidak hanya program boarding yang digarap tahfidznya, namun yang fullday juga bisa dikawal”, tuturnya.

Ahmad Haryanto selaku Direktur Boarding menyampaikan bahwa target minimal para siswa boarding saat lulus memang tiga juz, namun ini minimal. Karena masuknya tidak sama, maka ada yang menyelesaikan tiga juz itu butuh iktiar yang serius. Namun ada yang memang masukknya sudah membawa bekal hafalan maka ada yang hafal lebih dari tiga juz.

“Dari hasil yang sudah diuji, capaian terbanyak mencapai delapan juz”, katanya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Magelang, Sofia Nur. Dirinya mengapresiasi SMP Mutual yang perkembangannya pesat dan menginspirasi. Menurutnya, pada prinsipnya kemenag sangat mendukung dengan rogram tahfidz. Namun, dirinya berharap nantinya target bisa sampai 30 juz sehingga lebih bagus kualitas lulusannya.

    Kirim Komentar