Berita

Bekali Soft Skill, Siswa Boarding SMP Mutual Adakan Khidmah Qoryah

Rabu, 11 Mei 2022 / Berita

Ratusan siswa boarding SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti kegiatan ramadhan yang didesain oleh sekolah dalam bentuk "Khidmah Qoryah". Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 pekan sejak kepulangan siswa. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat membekali  soft skill para siswa sehingga mampu membaur dalam bermasyarakat.

Ditempat kerjanya, Wasi'un selaku kepala sekolah saat dikonfirmasi oleh awak media menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat. Sebelumnya, para siswa ini dibekali dengan ilmu-ilmu dilapangan yang dapat ia gunakan sebagai bekal saat terjun langsung.

"Khidmah Qoryah adalah pengabdian masyarakat yang digagas untuk melatih mental dakwah para siswa boarding yang notabennya adalah santri. Kita bekali selama 3 hari untuk menyimpan mereka terjun dimasyarakat", terangnya.

Adapun materi pembekalan meliputi : komunikasi masa, fiqh dakwah, menyusun road map kegiatan.

"Banyak apresiasi dari wali murid. Menurutnya, para siswa antusias dan semangat. Meskipun ini masih belajar", tuturnya.

Ahmad Haryanto selaku Direktur Boarding menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah mengajar TPQ, bersih masjid, wawancara tokoh dan juga bakti sosial dalam mentasyarufkan zakat fitrah yang sudah dikumpulkan oleh sekolah.

"Kita kelompok mereka berdasarkan tempat tinggal. Selain itu, mereka ada pendampingan dari pihak sekolah sebagai wali asuh", ujarnya.

Iqbal Atha salah satu siswa saat dikonfirmasi merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya, mereka bisa mengamalkan ilmu yang dimiliki dan tentu menjadi tempat pembelajaran yang sangat terkesan.

"Meskipun minder awalnya, tetapi kita tetap ikhtiar dan alhamdulilah lancar. Terimakasih para guru pendamping yang sudah mengawal kami dalam kegiatan ini", ucapnya.

    Kirim Komentar