Berita

Peringatan Hardiknas : Wasiun Ingatkan Spirit Pembelajar

Selasa, 31 Mei 2022 / Berita

Kamis (13/05) SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardikdas) dengan apel bersama. Dilaksanakan dihalaman sekolah, para siswa mengikuti dengan khidmat.

Wasi'un selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa peringatan Hardiknas biasanya dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei. Namun, bertepatan dengan hari libur lebaran maka dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2022.

"Sebagaimana edaran dari dinas pendidikan dan kebudayaan, kita laksanakan dengan apel hari ini", terangnya.

Dirinya mengingatkan kepada semua siswa bahwa momentum Hardiknas harus menjadi motivasi dalam belajar. Jiwa pembelajar tak boleh hilang. Belajar tak harus dibangku sekolah. Dimanapun kita berada ada hal yang bisa kita ambil pengalaman sebagai jalan untuk belajar dari sebuah kejadian.

"Dirumah kita bisa belajar dari saudara-saudara kita. Dilingkungan masyarakat kita bisa belajar dari setiap kejadian. Maka ambillah yang baik. Tinggalkan yang buruk", pesannya.

Selain itu, disela-sela Apel Hardiknas kali ini juga ada penyerahan piala hasil lomba Hari Kartini. Kegiatan yang diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Mutual ini juga mendapat apresiasi dari kepala sekolah.

"Salut buat teman-teman IPM yang sudah menggerakkan roda organisasi. Ini juga menjadi bagian dari sebuah jiwa pembelajar. Dengan berorganisasi, maka ada pengalaman mahal yang tentu tidak didapatkan dibangku pembelajaran", katanya.

Naila Amandhita selaku Sekretaris IPM SMP Mutual membenarkan adanya lomba Peringatan Hari Kartini. Dijelaskan, kegiatan itu dilaksanakan secara virtual.

"Ada 3 jenis lomba yang kita laksanakan. Lomba Cipta Puisi, Poster dan juga Cerdaa Cermat", ucapnya.

Saat ditanya tentang tujuan lomba ini diselenggarakan adalah untuk memupuk rasa nasionalisme terhadapa para pahlawan kita. Selain itu, dapat menggali bakat para siswa di SMP Mutual untuk mengasah bakat yang dimiliki.

"Kita ambil masing-masing lomba 3 pemenang. Mereka mendapatkan sertifikat dan juga piala", tambahnya.

Penyerahan itu diserahkan langsung oleh kepala sekolah dan didampingi oleh para pengurus IPM SMP Mutual Kota Magelang.

    Kirim Komentar