Berita

Tari Gotong Royong Gambarkan Tema MOW SMP Mutual Dalam Sambut Siswa Baru

Rabu, 26 Juli 2023 / Berita

Tari merupakan gerakan tubuh yang beraturan dilakukan ditempat dan waktu tertentu untuk keperluan acara seremonial untuk mengungkapkan maksud, tujuan, perasaan dan pikiran. Berbicara masalah tari tentunya tak lepas dari musik pengiring untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Seperti yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1Alternatif (Mutual) Kota Magelang dalam menyambut siswa baru yang dikemas dalam kegiatan  Mutual Orientasi Week (MOW). Tari Gotong Royong yang digelar secara kolosal dengan diikuti ratusan siswa baru ini menjadi simbul dibukannya acara MOW.

Dwi Dedi selaku ketua panitia menyampaikan bahwa tari Gotong Royong sebagai simbol sebagaimana tema yang diangkat dalam kegiatan MOW, “Tepang Amrih Tepung”. Tema ini menggunakan bahasa jawa yang mempunyai makna kita harus saling mengenal diantara sesame. Tidak perlu pilah dan pilih, namun tetap selektif untuk mencari teman yang baik.

“Tari gotong royong ini menggambarkan tentang kebersamaan. Diharapkan, siswa baru ini mampu merekatkan diantara sesame sehingga selalu mengedepankan rasa saling peduli”, katanya.

Para siswa juga menggunakan kostum kolaborasi modern jawa dengan jarit. Ini menjadi simbol pengenalan budaya jawa dan juga literasi budaya.

“Koreografi tari ini memberikan simbol yang diharapkan dapat menginspirasi para siswa ditengah gempuran problematika saat siswa baru seperti bullying. Maka tema yang diangkat ini diharapkan mampu menetralisir dari masalah-masalah seperti bullying”, tambah pria yang juga menjabat sebagai wakil kepala bidang kesiswaan SMP Mutual.

Selain digelar tari gotong royong, acara juga dibuka langsung oleh kepala sekolah dengan ditandai pemukulan beduq 3 kali. Dalam sambutannya, Wasiun berharap para siswa dapat mengikuti MOW dengan khidmat dan tertib.

“Selamat bergabung para calon pemimpin masa depan. Sukseslah bersama SMP Mutual”, ucapnya.

Acara dilaksanakan selamat satu pekan (17-22/07/2023) dengan berbagai acara mulai dari pendidikan karakter dari Rindam Diponegoro, Pelatihan Mitigasi Bencana dari BPBD Kota Magelang, Mutual Got Talent (pemetaan bakat), Outbond dan juga puncak inagurasi.

    Kirim Komentar